Niat Zakat Fitrah dan Artinya Secara Lengkap - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Tuesday, July 11, 2017

Niat Zakat Fitrah dan Artinya Secara Lengkap

zakat fitrah

Ketika melakukan sesuatu satu hal yang perlu adalah niat yang mendasarinya. Di dalam Islam ini niat merupakan salah satu hal yang wajib diucapkan ketika melakukan suatu ibadah baik itu solat, wudhu, dan juga berzakat. Ada dua jenis zakat yang ada yaitu zakat fitrah dan juga zakat mal yang selain niatnya yang berbeda, waktu, dan juga kegunaan dan hukumnya juga berbeda. Misalnya untuk niat zakat fitrah dan artinya baik untuk diri sendiri dan anggota keluarga adalah sebagai berikut ini:

1. Niat zakat fitrah untuk diri sendiri dan juga artinya
Untuk niat zakat fitrah yang pertama adalah untuk diri sendiri yang mempunyai lafadz dalam bahasa Indonesia yaitu nawaitu un ukhrija zakaatal fithri an nafsii yang mempunyai arti dimana saya sengaja untuk mengeluarkan zakat fitrah atas nama diri sendiri dan terusannya adalah fardlol lilahi taala yang artinya fardhu karena Allah Taala. Dimana untuk niat ini dibaca untuk diri sendiri ketika akan berzakat ketika tidak diwakilkan oleh orang lain dan bisa hadir dan berzakat sendiri. Niat tersebut dibaca ketika akan mengeluarkan zakat fitrah pada akhir bulan ramadhan dan sebelum melakukan ibadah solat ied.

2. Niat zakat fitrah yang dikeluarkan untuk diri sendiri dan juga keluarga
Merupakan niat kedua yang bisa diucapkan untuk keluarga dan diri sendiri ketika melakukan zakat fitrah ini. Niat ini diucapkan ketika akan melakukan zakat fitrah untuk diri sendiri dan juga mewakilkan anggota keluarganya. Dimana dalam artinya juga seperti itu yaitu melakukan zakat atas namanya sendiri dan juga sekalian untuk keluarganya dikarenakan mengikuti perintah dari Allah ta’ala.

3. Niat zakat fitrah untuk anak
Dan untuk perwakilan selanjutnya adalah yang bisa diberikan dan diwakilkan atas nama anaknya. Ada beberapa hal yang menyebabkan zakat ini diwakilkan oleh orangtuanya seperti karena anaknya masih dalam bayi atau balita, karena anaknya belum bisa untuk membaca niat dan juga karena anak tidak bisa karena sakit dan tidak sadarkan diri di rumah sakit. Sehingga zakat fitrah bisa diwakilkan oleh orangtuanya dengan niat yang juga dibacakan atas nama anak perempuan atau laki-lakinya. Dimana niatnya juga sama tetapi dengan mengatasnamakan nama anak perempuan atau laki-laki yang diwakilinya.

4. Niat zakat fitrah untuk istri
Dan niat lainnya adalah yang dilakukan oleh suami yang mewakilkan istrinya dimana hal tersebut juga niatnya sama dengan niat untuk zakat fitrah. Tetapi mempunyai perbedaan yang dilakukan atas nama istri dan dikarenakan Allah ta’ala. Dimana untuk arti dari niat zakat untuk istri ini adalah saya disini maksudnya suami berniat untuk berzakat fitrah atas nama istrinya fardhu dikarenakan Allah ta’ala.

Share This :

1 comment :

 

Top