Rincian Korban dan Pengungsi Banjir Aceh 2017 - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Friday, May 26, 2017

Rincian Korban dan Pengungsi Banjir Aceh 2017

banjir aceh 2017

Banjir Aceh terjadi pada bulan April tahun 2017 lalu. Banjir ini sendiri sangat merugikan bagi masyarakat yang terkena dampak banjir Aceh 2017 secara langsung baik secara materil maupun moril. Terutama yang tinggal di desa yang terdampak banjir secara langsung sehingga banyak orang yang harus mengungsi dan pindah di tempat yang lebih aman untuk menyelematkan diri.

Sama seperti bencana alam lainnya, banjir ini sendiri memang tidak diharapkan akan sebesar yang telah terjadi. Sehingga masyarakat tidak bisa bersiap-siap untuk dapat untuk dapat merapikan dan membawa barang berharga. Air yang datang langsung menyerbu perumahan warga dan menggenang hingga mereka harus meninggalkan rumahnya sendiri. Apabila tidak langsung besar mungkin masyarakat masih bisa untuk menyelamatkan barang-barang penting yang dimiliki tetapi karena terjadi secara tiba-tiba banyak orang yang tidak bisa untuk menyelamatkan barang penting seperti:


  • Berbagai surat berharga yang ada sehingga tergenang dan terbawa oleh arus deras banjir.
  • Pakaian yang bisa dikenakan dan untuk ganti selain baju yang menempel di badan sendiri ketika menyelematkan diri.
  • Bekal makanan yang bisa untuk dibuat makan ketika lapar saat bantuan masih belum datang ke tempat pengungsian.
  • Obat-obatan yang penting untuk mencegah penyakit pasca banjir yang serang menyerang.
  • Selimut, pembalut, dan benda pribadi lainnya yang sangat diperlukan ketika harus mengungsi.


Menurut penjelasan Kepala Bidang Darurat dan Logistik BPBD di Aceh Tenggara menuturkan bahwa setidaknya banjir ini telah membuat 648 kepala keluarga mengungsi dengan total jiwa sebanyak 2.467 yang menghuni tempat pengungsian baik di masjid, gereja, dan pengungsian yang telah disediakan oleh pemerintah daerah menunggu sebelum akhirnya banjir surut dan masyarakat dapat kembali ke tempatnya masing-masing.

Masyarakat yang mengungsi tersebut sendiri tersebar di setidaknya 12 desa yang terkena banjir di daerah Aceh Tenggara 2017 ini. Desa-desa yang terkena efek banjir bandang tersebut adalah:


  • Desa Lawe Sigala menjadi desa yang paling parah terkena banjir dengan total korban yang harus mengungsi sebanyak 900 jiwa dan terdiri dari 195 keluarga.
  • Desa Lawe Tua Gabungan ada sekitar 608 jiwa yang turut mengungsi dengan total 159 keluarga.
  • Desa Batu Dua Ratus, Desa Kayu Mbelin, Desa Lawe Kesumpat, Desa Lawe Persatuan, Desa Lawe Sigala Timur, Desa Lawe Tua, Desa Suka Makmur, Desa Lawe Beringin Gayo dan Desa Law Rakat juga turut terkena banjir ini.


Desa-desa tersebut terbagi atas dua kecamatan yang berbeda yaitu kecamatan Lawe Lawe Sigala Gala dan juga Kecamatan Semadam. Selain kerugian secara materil, banjir ini juga menyebabkan dua orang meninggal yaitu Orlina boru Sitanggang umur 1,5 dari Desa Lawe Tua Galungan dan satunya Orlina boru Sitrous umur 86 tahun dari Desa Lawe Sigala Barat.

Share This :

1 comment :

 

Top