Mengenal Stres dan Cara Menanganinya - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Monday, October 17, 2016

Mengenal Stres dan Cara Menanganinya


Anda merasa menggigit terlalu banyak, lebih dari yang bisa Anda kunyah? Seperti dalam lirik lagu Frank Sinatra. Ini berarti, Anda kewalahan mengatur diri, hingga Anda merasa tertekan. Kondisi seperti ini kenal sebagai stres. Tidak hanya mengganggu pikiran, tapi juga tubuh Anda. Stres membuat detak jantung dan napas Anda menjadi lebih cepat. Reaksi ini dipicu oleh hormon yang diproduksi oleh tubuh karena merasa terancam bahaya.

Stres jangka pendek mungkin diperlukan untuk membuat Anda bekerja lebih keras dan bereaksi dengan cepat terhadap tugas atau pekerjaan yang  akan datang. Namun, stres jangka panjang bisa membahayakan apabila menetap dalam waktu yang lama. 

Menurut American Psychological Association, stres jangka panjang berdampak negatif pada tubuh, mulai dari dampak yang ringan hingga berat. Tekanan otot kronis, gangguan jantung dan pembuluh darah, mengganggu sistem endokrin, gastrointestinal, sistem saraf, dan sistem reproduksi.  Bahkan, American Institute of Stres mengungkapkan bahwa 10% kasus stres jangka panjang berujung pada stroke.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan penanganan stres. Jangan menunggu hingga Anda merasa depresi! Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari stres, seperti meningkatkan gaya hidup sehat, yang dapat dicapai dengan:

Mengatur jadwal agar lebih tertata dengan baik. Sehingga, Anda harus melupakan dan tidak perlu mengalami kejadian yang tidak ada dalam jadwal.
Perlakukan tubuh Anda seperti tempat beribadah. Beri waktu istirahat yang cukup, makan dengan teratur dan jaga kebersihan. Lebih baik lagi apabila Anda mengurangi kebiasaan merokok atau minum alkohol. 

Berhenti merasa cemas. Banyak orang yang mencemaskan hal yang sebenarnya tidak penting, atau cemas karena tidak mampu mengubah keadaan.
Minta bantuan. Umpamanya, saat Anda membawa terlalu banyak barang, lebih baik minta bantuan daripada membiarkan barang berjatuhan. 

Mengapa gaya hidup sehat sangat penting dalam menangani stres?
Hidup  dan cara Anda menjalaninya berpengaruh terhadap derajat stres, mulai dari cara Anda berpikir, makan makanan seperti makanan siap saji (junk food) yang memiliki dampak buruk terhadap tubuh dan pikiran Anda. Jangan lupa untuk mengurangi asupan kafein dan gula, bahkan berada di depan layar tv atau komputer terlalu lama.

Jika Anda telah dilanda stres. Langkah-langkah penanganan stres yang dapat Anda lakukan, contohnya:
  • Olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat, mulai dari berjalan hingga latihan relaksasi, seperti yoga.
  • Membuat catatan stres atau tulisan berisi ungkapan mengenai apa yang Anda pikirkan. 
  • Jangan menahan perasaan Anda.
  • Lakukan hal yang Anda suka, seperti hobi atau pekerjaan sukarela.
  • Jangan lupa untuk tertawa.



Share This :

3 comments :

 

Top