Kegunaan Pipa Metal Conduit - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Thursday, April 21, 2016

Kegunaan Pipa Metal Conduit


Pipa Metal Conduit secara definitif memiliki fungsi sebagai perlindungan kabel listrik dari berbagai hambatan seperti terkena debu, semut api, genangan air, rembesan air hujan hingga terik matahari yang menyengat. Semua hambatan yang saya sebutkan diatas semuanya bisa membuat kabel listrik berujung pada kerusakan fatal bahkan bisa mengakibatkan korsleting listrik. 
Tentu anda pernah melihat kabel-kabel listrik yang mudah dikelilingi semut api. Perlu diketahui semut api bisa merusak peralatan listrik dalam sekejap. Selain mengincar kabel listrik biasanya mereka juga mengincar stop kontak listrik. Oleh karena itu penggunaan pipa conduit sebagai pelindung kabel listrik akan membuat kabel anda aman dari ratusan atau ribuan gigitan semut api. Selain itu kita juga tidak mampu memprediksi apakah di masa yang akan datang banjir akan menghantui rumah atau kantor tempat anda bekerja. Maka dari itu penggunaan pipa conduit juga bisa mencegah kabel listrik terkena dari air. Tentu hal ini sangatlah krusial karena kabel listrik sangat rentan terhadap korsleting. 

Pipa metal conduit biasanya dipasang pada lokasi-lokasi yang mudah sekali terindikasi dengan kotoran yang bisa mengganggu alur atau aliran listrik yang terinstalasi. Pipa metal conduit rata-rata memiliki bahan yang kaku sebagaimana bahannya yang terbuat dari metal. Hanya dalam kasus-kasus tertentu saja, pipa metal conduit memiliki bahan yang elastis. 



Bahan utama selain metal atau baja yang digunakan untuk membuat pipa conduit adalah plastik, serat dan tanah liat. Setiap bahan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing jika dibandingkan dengan pipa conduit yang terbuat dari bahan metal. 

Pipa conduit memiliki sistem perlindungan yang terbilang baik jika dibandingkan dengan metode kabel lainnya. Ada cara lain yang biasanya digunakan untuk memproteksi kabel dengan cara memberikan perlindungan dengan kabel tray. Namun dibandingkan dengan kabel tray, pipa conduit terutama yang berbahan metal memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan kabel tray. Walaupun harus diakui bahwa kabel tray memiliki kelebihannya sendiri yaitu karena lebih mudah dalam membentuk jalur instalasi kabelnya. 

Rata-rata sistem pengkabelan yang ada pada sebuah bangunan memiliki ciri khas yaitu menggunakan sistem pengkabelan perubahan sering. Sistem ini memiliki kelebihan karena dibuat dengan lebih sederhana serta aman. 
Sedangkan jenis-jenis saluran yang dimiliki oleh sistem proteksi perkabelan conduit menggunakan metode sebagai berikut :

  • 1. Tabung Logam Listrik
  • 2. Kaku Conduit Metal
  • 3. Listrik Non-Logam Tubing
  • 4. Kaku Non-Logam Konduit
  • 5. Fleksibel Konduit Metalik
  • 6. Saluran Kaku Galvanis
  • 7. Metalik Tabung Fleksibel
  • 8. Liquidtight Fleksibel Conduit Metal
  • 9. Saluran Underground dan,
  • 10. Liquidtight Fleksibel Non-Logam Konduit.

Jika penyegelan dan pemasangan dilakukan dengan tepat, saluran tidak akan mengijiinkan api memercik sehingga korsleting bisa terjadi. Sistem pipa metal conduit juga bisa dipasang di dalam air. Jadi kalau anda pernah mendengar saluran kabel bawah laut adalah jaringan komunikasi yang digunakan oleh banyak negara maka pipa metal conduit bisa melakukan proteksi terbaik untuk pengerjaan instalasi seperti ini.

Saya sudah menjelaskan kegunaan pipa ini sebagai bahan material proteksi paling utama untuk kabel listrik. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini anda mendapatkan pemahaman yang lebih mengenai apa itu pipa metal conduit mulai dari kelebihannya hingga kelemahannya juga. Anda juga bisa mempelajari lebih lanjut nantinya mengenai berbagai jenis saluran pipa yang digunakan sebagai metode instalasi. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Share This :

Post a Comment

 

Top