Tips Memilih Obat Kumur Gigi Terbaik - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Tuesday, March 22, 2016

Tips Memilih Obat Kumur Gigi Terbaik

menjaga kebersihan gigi menggunakan listerine

Menjaga kebersihan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang karena memiliki dampak langsung pada kesehatan tubuh Anda. Banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari menghindari makanan yang lengket seperti permen karamel, mengkonsumsi sayuran dan buah segar, menghindari merokok dan membersihkan gigi secara rutin. Menggunakan benang gigi dan menggosok gigi dengan sikat gigi yang mengandung fluoride tidak cukup bagi sebagian orang sehingga menggunakan obat kumur gigi.

Mouthwash dipilih oleh sebagian orang agar nafas tetap segar, membantu untuk membunuh bakteri dan kuman serta membersihkan sisa makanan yang tertinggal di gigi yang dapat menimbulkan plak dan menjadi penyebab gigi berlubang. Obat kumur yang digunakan tidak boleh sembarangan karena jika salah memilih dapat menjadi penyebab masalah pada mulut. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mouthwash.

Pertama adalah pilih obat kumur yang memiliki kandungan Astringents seperti bahan zinc chloride dan citric acid. Kandungan tersebut dapat membuat Anda sebagai pengguna merasa nyaman saat berkumur dengan obat kumur tersebut. Hal tersebut dikarenakan kandungan Astringents tersebut yang terdapat pada mouthwash dapat mengerutkan jaringan yang terdapat pada rongga mulut sehingga memberikan rasa nyaman untuk menggunakannya.

Kedua adalah pilih obat kumur pembersih gigi yang mengandung fluoride. Kandungan zat fluoride yang ada pada mouthwash dapat membantu Anda untuk melawan kerusakan yang terjadi pada gigi. Fluoride akan meningkatkan lapisan mahkota gigi atau enamel sehingga pengikisan gigi dapat terhindarkan. Zat tersebut juga dapat membantu Anda untuk mengganti mineral pada gigi yang rusak atau melakukan remineralisasi sehingga kesehatan gigi tetap terjaga dengan baik.

Ketiga adalah pilih yang memiliki kandungan anti plak sehingga dapat mengikis plak yang menempel pada gigi serta di permukaan dan di sela gigi. Jika plak tersebut terlepas dan hilang, maka kesehatan gigi dapat terjaga dan sebaliknya jika dibiarkan menumpuk, dapat menimbulkan masalah pada mulut dan gigi, mulai dari bau mulut hingga gigi yang berlubang. Keempat adalah pilih yang mengandung antiseptik. Kandungan antiseptik tersebut berfungsi untuk membunuh dan menghilangkan kuman dan bakteri yang terdapat para rongga mulut dan gigi yang dapat menyebabkan masalah pada gigi dan mulut.

Kelima adalah alkohol. Beberapa obat kumur menggunakan alkohol untuk melarutkan minyak esensial yang diperlukan untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi. Akan tetapi, beberapa mouthwash tidak mengandung alkohol. Sehingga, pemilihan non alkohol dan menggunakan alkohol tergantung pada diri Anda sendiri. Bedanya, yang mengandung alkohol terdapat rasa yang kurang nyaman bagi yang tidak terbiasa menggunakan mouthwash.

Akan tetapi, penggunaan obat kumur gigi tetap harus sesuai pada dosis yang telah ditentukan walaupun bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Hal tersebut dikarenakan jika terlalu sering dapat membuat mulut menjadi kering sehingga kerusakan pada mulut dan gigi tidak dapat terhindari. Terlalu sering menggunakan juga dapat membuat bakteri dan kuman menjadi kebal akan zat yang terkandung dalam mouthwash tersebut sehingga Anda harus menggunakannya sesuai anjuran. Gunakan mouthwash yang mengandung antiseptik sehingga kesehatan mulut tetap dapat terawat seperti Listerine. Obat kumur ini menggunakan minyak esensial yang menjadi antiseptik untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut. Zinc dan fluoride juga terdapat di Listerine sehingga dapat memberikan perlindungan mulut dan gigi secara menyeluruh, menjaga kesegaran mulut dan menghilangkan plak serta sisa makanan yang tertinggal yang tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi. Jadi, pilih Listerine untuk obat kumur yang aman dan melindungi gigi dan mulut Anda!
Share This :

Post a Comment

 

Top