Sejarah Terciptanya Aliran Musik Reggae Dari Jamaika - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Tuesday, March 1, 2016

Sejarah Terciptanya Aliran Musik Reggae Dari Jamaika

aliran musik reagge

Musik bergenre reggae pertama kali berkembang di Jamaica pada tahun 1960-an dan dikenal sebagai perkembangan dari genre ska dan juga rocksteady. Bagi negara Jamaican musik satu ini memiliki peran penting dan menjadi bentuk subculture kebudayaan yang ada disana. Ada banyak ciri khas dari musik jenis ini salah satunya ialah rambut gimbal sebab musik ini berasal dari jalanan Getho. Terdapat di wilayah ibukota Jamaica, yang sejak lama dikenal dihuni oleh kaum yang menyukai kebebasan, keindahan alam, dan juga perdamaian.

Ciri Khas Musik Jamaika

Ciri khas lain musik asal Jamaica ini adalah pemakaian simbol daun ganja, yang disangkutpautkan dengan aliran musiknya. Dimana bisa membuat tubuh bergoyang seketika mengikuti alunan musiknya yang ceria dan ramai. Ciri lainnya adalah rambut gimbal seperti yang disebutkan diatas, sebab nyaris semua tokoh atau penyanyinya. Memiliki rambut yang di gimbal, dibiarkan memanjang dan membentuk untaian menyerupai kepangan. Meski selalu terlihat negatif namun lirik setiap lagunya menyuguhkan hal-hal yang bijak dengan makna luas.

Mungkin karena sebab itulah, musik satu ini kini mendunia dan setiap negara memiliki pemusik yang aktif menciptakan lagu bergenre tersebut. Indonesia sendiri juga cukup akrab dengan aliran musik dari Jamaica ini sejak tahun 1900-an. Ada beberapa penyanyi yang terkenal karena lagu-lagu bergenre musik ceria ini, sebut saja:

1. Tony Q Rastafara, yang setelah lepas dari band Rastafara menyanyikan lagu secara solo dan dikenal sebagai pelopor musik asal Jamaica di tanah air.
2. Steven and The Coconut Trees, dan
3. Almarhum Mbah Surip.

Tokoh Musik Jamaika

Kehadiran musik yang ceria ini memang berawal dari Jamaica, sebab memiliki ciri khas berupa Burru atau sejenis Drum musik khas benua Afrika. Mendengar alunan musik ini maka Kita tidak bisa melepaskan diri untuk membicarakan Bob Marley.

Marley merupakan tokoh musik di Jamaica yang berhasil memperkenalkan genre musik ini ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Albumnya yang berjudul The Wailing Wailers berhasil sukses di Jamaica dan menyabet penghargaan internasional. Berkat prestasinya inilah aliran musik reggae bisa dikenal dan tetap ada hingga sekarang.

Share This :

Post a Comment

 

Top