Gejala Tipes pada Orang Dewasa dan Penanganannya - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Monday, November 23, 2015

Gejala Tipes pada Orang Dewasa dan Penanganannya


Gejala penyakit tipes yang dialami oleh orang dewasa secara umum sama dengan yang dialami oleh anak-anak. Pada orang dewasa, gejala ini baru bisa dideteksi dan dirasakan pada waktu 1-3 minggu setelah penyakit tersebut menyerang. Namun gejala yang terjadi pada satu orang dan orang lainnya terkadang berbeda. Sebagai langkah antisipasi, ketahuilah gejala tipes berikut ini: 

Gejala Minggu pertama 
Biasanya pada minggu pertama penderita tipes akan mengalami gejala umum yang tidak terlalu berat. Gejala tipes pada minggu pertama di antaranya yaitu demam 39-40 derajat celcius. Penderita tipes akan merasa sakit pada kepala, badan lemah dan lesu karena nafsu makan yang berkurang. Pada kasus-kasus tertentu, terjadi diare dan nyeri pada perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Tipes sering disamakan dengan DBD karena sering muncul bercak merah pada tubuh. 

Gejala Minggu Kedua 
Pada minggu kedua, gejala akan semakin parah. Penderita yang cukup peka akan langsung memeriksakan diri ke dokter. Gejala pada minggu kedua yang dialami antara lain  demam yang semakin tinggi dan juga tidak turun. Pada minggu ini diare justru berkurang dan berubah menjadi sembelit. Berat badan semakin berkurang karena nafsu makan yang terus turun. Perut akan terlihat membuncit. 

Gejala minggu ketiga 
Gejala tipes akan lanjut hingga minggu ketiga. Pada minggu ketika, penderita akan mulai mengetahui dan menyadari kalau dirinya terkena penyakit tipes. Gejalanya semakin parah dan terjadi komplikasi. Penderita tipes juga akan mengigau dan bergerak sendiri saat akan tidur. 

Gejala minggu keempat 
Jika tidak segera ditangani, tipes pada orang dewasa akan membaik layaknya gejala pada demam berdarah. Gejala nafsu makan berkurang dan suhu tubuh yang tinggi tidak akan lagi dirasakan. Tetapi di sinilah letak bahayanya, karena gejala bisa muncul sewaktu-waktu.  Penderita harus waspada dan sebaiknya segera periksa ke dokter supaya bisa mendapatkan penanganan yang serius. 

Selain  membutuhkan penanganan, tipes tentu saja harus dicegah dengan menjaga kebersihan diri. Salah satunya adalah dengan mencuci tangan menggunakan Lifebuoy. 

Share This :

Post a Comment

 

Top