Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir - BLOGalaxie.COM

ads

 Komunitas Blogger Depok
Headline News

Monday, March 2, 2015

Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir



Ketika Anda baru saja melahirkan seorang yang ditunggu-tunggu selama 9 bulan tentu saja Anda akan merasa sangat bahagia. Kebahagiaan Anda akan terekspresikan dalam sikap Anda yang mendedikasikan setiap waktu Anda untuk si buah hati.  Berbagai macam perawatan khusus bagi bayi akan dilakukan supaya bayi tumbuh sehat dan cerdas. Perawatan dimulai dari pemberian nutrisi yang menunjang tumbuh kembang dan pemberian perawatan untuk menjaga segala hal yang harus dipertahankan bagi bayi. 

Salah satu hal yang dimiliki bayi dan jarang sekali dimiliki oleh orang dewas adalah kulitnya yang lembut alami. Seringkali perawatan kulit bayi luput dari perhatian orang tua atau sang ibu. Namun sesungguhya perawatan kulit bayi adalah sangat penting mengingat kulit bayi sangat sensitif dan rentan terhadap iritasi, gatal-gatal dan ruam. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki bayi baru lahir upayakan untuk selalu menjaga kesehatan kulitnya sejak dini supaya tetap lembut alami.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sang bunda untuk perawatan kulit bayi baru lahir supaya tetap sehat, lembut dan terhindar dari iritasi.

1. Memandikan bayi
Bagi bayi baru lahir juga harus dimandikan untuk membersihkan  sisa-sisa kotoran ketika melahirkan. Memandikan bayi harus dilakukan secara teratur namun juga tidak terlalu sering. Untuk kemandikan bayi gunakan air dengan suhu yang sedang atau hangat. Jangan terlalu panas atau terlalu dingin. Penggunaan air hangat adalah salah satu bentuk adaptasi bagi bayi yang biasanya merasa hangat di dalam kandungan supaya tidak terkejut. Selain perihl air, hal yang harus Anda perhatikan ketika memandikan bayi adalah cara memandikan yang baik dan kosmetika yang digunakan untuk mandi. Penggunaan sabun dan shampo harus menggunakan prodik khusus untuk bayi. Karen produk khusus untuk bagi memiliki formula khusus dan telah mengalami uji yang tidak menyebabkan iritasi bagi bayi.

2. Penggunaan popok
Popok merupakan salah satu komponen penting bgi bayi supaya tidak pipis di sembarang tempat karena apabila bayi pipis di sembarang tempat tentu akan merepotkan sang bunda. Oleh karena itu sudah terdapat inovasi adanya produk popok yang dapat dengan mudah digunakan untuk bayi. Untuk bayi yang baru lahir sebaiknya gunakan popok kain yang lebih lembut di kulit bayi, selain itu akan memacu Anda untuk lebih sering menggantinya. Dengan mengganti popok secara rutin maka akan menghindarkan kulit bayi terutama di daerah kemaluan untuk terjadi iritasi.
3. Melindungi bayi dari terpaan sinar matahari
Sinar matahari diperlukan bayi untuk pertumbuhan tulangnya karena sinar matahari mengandung vitamin D. Sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi terutama pada waktu sebelum pukul 9 pagi. Pada pagi hari ketika matahari telah terbit hingga pukul 9 upayakan di antara waktu tersebut Anda menjemur atau meletakkan bayi di luar ruangan supaya terkena pancafan vitamin D. Namun pada siang hari upayakan untuk menggunakan pakaian lengan panjang apabila sedang bepergian karena sinar matahari pada siang hati tidak baik untuk kesehatan kulit. 
Tersebut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat kulit bayi baru lahir. Semoga bermanfaat.

Share This :

Post a Comment

 

Top